My photo
Currently seeking therapy through literature. Wrote a novel once, Eccedentesiast (2013), and will proceed on writing casually. Don't take these writings seriously, don't let it question yourself.

Wednesday, March 6, 2013

6 Maret 2013.

Tadinya gue mau merangkai kata-kata indah untuk post ini. Harusnya gue lakuka,n tapi setelah beberapa kalimat diketik, rasanya ga afdol dan canggung. Rasanya, hari ini memang harus dideskripsikan dengan kereta kata-kata yang santai. 

Semua dimulai waktu gue terbangun jam 12.33 pagi karena bapak tercinta datang untuk mengucap "Selamat ulang tahun anakku." Dia bapak yang kuat, sebagai single parent dan tiada lelahnya meladeni anaknya yang manja ini, selalu ingin berusaha menjadi ayah yang terbaik. Sepertinya, untuk menjadi pengucap pertama ini adalah salah satu dari berbagai macam usaha yang ia lakukan. Karena jadi terbangun, akhirnya gue memutuskan untuk memeriksa hp, pengucap kedua setelah bokap adalah Via Prabangkara, salah satu sahabat yang paling-paling tersayang dan sofa berjalan paling empuk. Lalu kedua Maria Kana si pantat bohai sahabat tersayang juga yang cerewetnya ga ada ampun. Samuel Albert, cina ganteng cintaku, sahabat yang selalu sok kece dan tebar pesona kemana-mana kalo lagi ketemu cewe cantik! Terakhir dalam list top five pengucap pertama adalah... sangat mengejutkan, Said Pasha, kapten futsal SMAN 8 Bekasi 2012. Teman dari luar sekolah yang dulu rambutnya mirip banget Zayn Malik-nya One Direction. Cool banget orangnya, setelah lama gak bbm-an tiba-tiba diantara ketidakadaan dia muncul lagi dan inget ulang tahun gue. Emang cool dan akan selalu cool kayaknya.

Kembali lelap lah setelah selesai membalas bbm-bbm teman-teman tercinta dan bangun seperti biasa, aktifitas biasa. Sesampainya di sekolah, semua orang tidak terlihat telah merencanakan apapun surprise buat hari ini. Gue sangka, hari ini bakal jadi hari ulang tahun biasa, bukan spesial seperti katanya "layaknya" ulang tahun 17 orang-orang. Teman-teman hari ini pada biasa aja, hanya mendapat pelukan erat dari sahabat-sahabat terdekat saat pertama menginjakkan kaki di sekolah.

Pelajaran pertama adalah olahraga basket bersama coach Ziyad. Coach paling muda dan paling kece yang pernah gue liat (mungkin). Karena hari kedua PMS, perut masih sakit dan punggung pegal-pegal, alhasil permainan basket hari ini gak gue maksimalin guys. Alhasil pada akhir pelajaran, coach kece ternyata merasa kesal dan tidak dihormati oleh gue dan beberapa teman gue. Tadinya gue kira ini bercanda karena si Maria Kana itu tertawa-tawa cengengesan disaat coach lagi ngomel. Ternyata si coach lalu malah ngomel juga sama dia dan sama teman gue satu lagi namanya Chelsea. Katanya, mereka mainnya seperti sedang "kontes kecantikan" yang sama sekali jauh dari permainan basket yang terkesan "macho." Ternyata mata coach gak hanya berhenti menyalahkan semuanya di Chelsea, gue pun kena lirik sinis mata tajam itu. Katanya, gue mainnya kecentilan dan gak ada niat sama sekali. Sampai akhirnya dia pergi dan bilang "gak akan ngurus sparing besok dan 2 minggu kedepan jadi lo semua atur sendiri deh." Dan semua... menyalahkan siapa? Tentunya... gue. Terus semua temen sampe sahabat gue udah marah-marah ke gue, sampe gue gemeteran... si coach kece dari kejauhan datang membawa kue Harvest Chocolate Devil dengan lilin 2 kecil diantara belantaran coklat yang menggemukan. Semua teman-teman juga ikut serta tertawa dan bernyanyi riang "happy birthday". A great surprise to start the day that supposedly joyful. 

Selanjutnya hanyalah jam sekolah dan pelajaran yang membosankan, yang gue isi cuman untuk bales bbm orang-orang dan mention di twitter, juga facebook. Sampai jam pulang dateng, Said Pasha ini bbm gue lagi dan minta traktiran. Alhasil secara mendadak, gue ajak makan bareng dong. Dia dan teman-temannya gue suruh dateng ke nasgorgil deket sekolah gue, cuman ternyata yang dateng hanya satu orang, temennya Said yang adalah teman gue juga. Orang ini misterius banget buat gue, karena setelah temenan lama, kita baru ketemu pada hari ini, hari spesial ini. Frans Gilbert, si batak gila yang biasa banget denger curhatan gajelas gue mengenai semua yang ... gak jelas. Ternyata, ada perubahan rencana tanpa sepengetahuan gue. Gue dibawa ke tempat tongkrongan mereka dan kenalan sama mereka yang sering disana. Padahal, gue cuman kenal segelintir orang dari sekelompok itu. Tadinya hampir gak jadi karena gue malu... hampir aja gue mengundurkan diri dan turun dari motor yang Frans bawa. Tapi ga apalah.. lebay.

Sesampainya di 'Kebon', terlihat kerumunan sekitar... 13 orang atau lebih, yang sedang asik mengobrol dan ceng-cengin gue sama Frans. Kata Frans segitu sepi... sip. Gimana rame-nya guys? Turun dari motor, gue duduk di warung gitu. Kenalan dan salaman sama satu-satu teman-temannya Said dan Frans. Canggung banget awalnya karena gue ga banyak kenal sama mereka dan semuanya dari mereka. Seperti cara mereka ber-humor ria, berkata-kata dan lainnya. 
Ada yang mukanya serem, 
ada yang ganteng, 
ada yang ngeliatin gue aneh. 
Tapi lama-lama seru sih. Mereka banyak duduk di motor depan gue dan gue cuman sendiri duduk di warung itu. Atau gak, pada duduk di sebelah kiri gue agak jauh. Gue ..... merasa tertekan. haha. Awal gue kenal mereka itu karena mereka pernah main di cup sekolah gue dan pernah ya ... begitulah sampai akhirnya bisa kenal beberapa. Duduk lama... aneh. canggung. Akhirnya perut gue mulai gak sabar untuk makan karena udah keruyukan dari agak lama sih. Jadi akhirnya cabut. Untuk milih tempat makan aja kayaknya susah banget daaaaaan setelah mikir mau kemana akhirnya ke kemang 5. Tempat dimana biasanya gue cari inspirasi dan ketenangan. Ternyata itu dulu pernah jadi tempat tongkrongan mereka juga, namanya PTSK. Lupa singkatan dari apa. 

Sampe di Kemang 5, tadinya mau beli cemilan di indomaret dan makan di pinggir kali sambil liat langit dan lain sebagainya. Cuman, kata Said gak enak gimana makannya, gue cewe sendiri dan pake rok sendiri, jadi... akhirnya kita makan bakso dan mie ayam di deket indomaretnya. Harus tau, gue cewe sendiri diantara segerombol 10 cowo unik. Said, Frans, Hilman, Bayu, Bryan (Aldo) itu yang gue kenal. Yang gue cuman tau, Iqbal, Faris, Rendy, Apik dan satu lagi baru aja kenalan namanya Agung. Mereka sering banget bisik-bisik depan gue sampe gue ngerasa banget di-alien-in. Gue udah ngeliat banget ini bakal kejadian, canggung aneh gimana. Sampe akhirnya makan, dan kita semua duduk di meja makan dan berdoa gak jelas bersama. Itu lucu. 

Selesai makan, ada yang bergerombol ke deket motor, entah ngapain, bisa gue liat dari pantulan kaca pintu depan gue. Sisanya, Faris, Hilman, Aldo, Apik duduk deket gue untuk ngobrol. Nanya-nanya pertanyaan aneh yang sebenernya ga penting tapi jadi penting biar situasi teta[ hidup. Aldo kebanyakan ngomongin soal tulisan, karena emang rencananya berkarya bersama dan gue pengen bantuin dia sama Frans bikin buku mengenai persahabatan mereka. Itu layak ditulis untuk menjadi kenangan, karena emang mereka semua unik dan emang udah keliatan kaya keluarga sendiri. Lama-lama gue ngerasa nyaman aja ngomong sama mereka, dan sampai pada suatu saat yang tadi bergerombol selesai gossip dan balik ke meja. Terus gue udah bayar semuanya because the treat is on me, gue kira udah... gitu aja apa? Selesai? 

Ternyata enggak guys! Ternyata gue lalu dikelilingi mereka gitu, ngumpul muterin gue, nyanyi happy birthday sambil tepok tangan kegirangan gak jelas. Pecah suara yang gagal dan beat box yang kayaknya muncrat ke gue deh. Ini kocak. Apa lagi tadi gue liat mukanya Aldo flat parah banget... padahal yang lain sambil senyum. Ini di video-in dan gue simpen banget di hape ga akan gue apus sampe kapan juga. Abis itu, gue disuruh tiup "lilin" yang sebenernya korek api yang dipegang sama Agung. Gue disuruh make a wish dan ada 3 harapan gue adalah:
1. Masih bisa nongkrong sama kalian-kalian
2. Kalian UNnya lancar
3. Gue bisa masuk UI
AMIN! "Tapi yang paling diaminin adalah lo bisa nongkrong sama kita-kita lagi" AMIN "semoga tiap bulan lo ulang tahun amin" Hahahahaha, sekelompok orang gila ini bisa banget bikin gue ketawa aja. Terus pas mau pulang, gue buka tas ada kertas yang dilipet terus ternyata itu hadiah buat gue. Kata mereka bukanya nanti aja dirumah "biar surprise". Okey, jadi gue pura-pura gatau dan dengan polosnya tutup tas. "Annisa Tiara lo pulang naik apa?" Gue kira gue pulang sama Frans naik motor kaya tadi, tapi ternyata... gue dianterin dia naik becak yang dia kayaknya sewa dari tukang bakso tadi. Jadi bagian ini adalah bagian yang paling seru...

Gue dianter balik sama Frans naik becak dan sisa temen-temennya naik motor ngawalin gue dari samping kanan kiri depan belakang. Berasa banget spesial gue kaya ratu Inggris dikawal satpam-satpam. Terus ga cuman itu... sepanjang perjalanan, mereka ketawa-ketawa sambil nyanyiin "happy birthday" gak tau lagi gue harus gimana selain ketawa, karena itu emang seru, kocak... aduh.. gak bisa di deskripsiin lagi. Ini baru pertama kali kejadian sama gue seumur gue 17 tahun sekarang. Dan ini... spesial banget parah. 

Entah harus gimana lagi gue deskripsiin hari ini, diisi sama orang-orang penting di hidup gue. Teman, sahabat, keluarga, semua ada hari ini. Semua perhatian, semua baik, semua gila, hari ini adalah hari ulang tahun terbaik gue. Mulai dari pagi sampe malem ini gue ngetik semua cerita yang kejadian hari ini. Gue tau emang ada yang kurang. Biasanya kalo gini, gue cerita sama nyokap gue. Cuman meskipun dia sudah tidak lagi ada dan bisa lagi dijangkau, tetep aja hari ini indah banget, lebih dari apapun. Salah sangka banget kalo hari ini flat... ternyata hari ini seru. Untuk semua yang ngucapin hari ini, makasih banget-banget buat doanya, Tuhan memberkati kalian. Untuk semua sahabat dan teman yang berikut serta dalam semua surprise buat gue entah yang di sekolah atau diluar sekolah, thanks banget ya guys. I am wishing you all the best in your lives too. Semoga gak ada yang jadi sombong nanti sejalannya waktu. Semoga kita semua masih bisa ada buat satu sama lain. 

I love you guys.

No comments: