My photo
Currently seeking therapy through literature. Wrote a novel once, Eccedentesiast (2013), and will proceed on writing casually. Don't take these writings seriously, don't let it question yourself.

Wednesday, January 7, 2015

Ramalan 2015?

*Nubuat 2015: katanya akan ada pembersihan bumi karena hamba Allah di bumi sudah semakin tamak, serakah, korup sampai ke jiwa. Katanya gue harus mulai banyak berdoa agar dilindungi dari semuanya yang akan terjadi.

Hold up,
memang yang akan terjadi apa?

Apakah ramalan itu menjadi nyata karena kita percaya?
Atau kita percaya karena adanya ramalan? 

Anyways, all I know is that life is going to happen. Kalau kata Steven Jam... "yang terjadi biarlah terjadi" dan yang akan datang biarlah datang. Lalu bukan berarti karena kita udah tau bad things are going to happen kita jadi give up and do nothing about it. NO! Big no! Justru kita harus menyiapkan dan membuka diri pada apapun kemungkinan yang ditawarkan oleh semesta ini buat lo dan gue, kita.

MEA contohnya. Ya, Masyarakat Ekonomi ASEAN benar-benar akan terjadi guys! Efektif efisien 2015? Probably yes. Dari persiapan yang diberikan oleh Sekretariat ASEAN melalui AEC Scorecard, dari fase kesiapan 1-4, Indonesia sudah memperlihatkan kemajuan yang baik. Mungkin memang belum cukup untuk bersaing dengan negara tetangga, namun bukan berarti kita gak bisa bikin suatu perubahan kan guys? 

Banyak media yang mengatakan dan memberi stigma bahwa Indonesia "belum bisa", "akan keteteran", "masih berantakan" untuk menghadapi MEA. Mungkin secara statistik, betul. But really guys? Bingung juga ya. Negara ini mengharapkan sebuah perubahan ke arah yang lebih baik, tetapi kalau gue baca koran setiap hari 75% berita yang negatif semua. How the f.ck are we going to change to the better kalau pikiran kita ditekuni kepada hal-hal yang buruk lagi, buruk lagi?

But oh well, perubahan itu mulai dari diri kita sendiri bukan? It is 2015 guys! Things are about to change and change is good. Kita butuh sebuah perubahan, dan keputusan yang harus kita sama-sama buat adalah antara mau menyetir ke perubahan baik atau buruk. 2015, 365 hari yang baru dengan harapan yang berbeda. WE CAN CHANGE TO THE BETTER. Percaya. Bukan percaya pada orang lain, sistem politik & ekonomi atau ngegelendotin presiden baru kita. Tapi percaya sama diri sendiri bahwa kita bisa berubah sebagai seorang individu, dan akan bermain di panggung hidup membantu sekeliling kita ikut berubah. Be that agent of change, not because you have to. Because you want to.

Aller anfang ist schwer- semua awalan itu susah. Tetapi hidup itu pilihan ya... mau mulai hari ini, besok atau satu millennium lagi itu terserah diri sendiri. But note this, saat kita menunda, banyak orang di luar sana yang sudah memulai. 

Berubah itu gak selalu harus drastis dan signifikan. Gak semua dalam hidup semudah mie instan. Kita semua manusia yang punya titik lemah dan jenuh. Jadi terkadang kalau kita sudah mulai merubah dan terjatuh? It's alright mate! Ini membuktikan bahwa lo manusia. Congrats! Kalau terjatuh, jangan jadi mumet, laugh it off because laughing is good for your health! 

Talking about health, iya bisa mulai dari situ. Perubahan lifestyle yang tadinya suka ngerokok lima pak sehari (wtf) bisa jadi cuman tiga pak sehari, sebulan dua bulan kemudian jadi satu pak sehari dan seterusnya. That my friend, is a form of change to the better. Yes, it is that simple. Olahraga di pagi hari, yang biasanya pagi itu baru pulang, sekarang di ganti. Pagi itu jadi waktunya olahraga dan malam itu untuk tidur, haha. Apapun dari hal kecil itu akan berefek besar kemudian. Asalkan harus komitmen dan konsisten. Consistency wont be easy, it's true. Tapi kalau kita mikirnya susah, susah, susah, susah, susah yaudah jadinya susah beneran.

So bottom line, it's all about the mind set. Ayo siapin mindset lebih baik untuk menghadapi perubahan-perubahan (contoh: MEA) yang akan terjadi di 2015. Love your self! Let's start there. Kalau analogi yang mudah mungkin... untuk pergi perang maka kita harus bawa senapan, karena tanpa senapan kita bisa mati. That's about it. Prepare yourself for the BETTER. Karena yang terbaiklah yang akan terjadi pada mereka yang berusaha. 

Nuguat 2015 akan kembali menjadi ramalan belaka kalau kita semua hand in hand bekerja sama menghadapi tahun ini dengan positif dan lapang dada. Lo bisa, gue bisa, kita pasti bisa.

Iya kan kaula muda? 

Have an amazing day!

*Nubuat: ramalan oleh orang-orang suci.

No comments: